Ciri-ciri Dan Tanda-Tanda ibu Hamil

Bagi wanita yang ingin hamil atau pasangan yang baru saja menikah atau sangat mendambakan buah hati seringkali membuat penasaran dan selalu ingin tahu ciri-ciri atau tanda awal kehamilan mereka, seperti apa ciri wanita yang sedang hamil.  Tanda awal kehamilan maupun gejala kehamilan pada hitungan hari atau minggu, misalnya 1 sampai 2 minggu seringkali tidak menampakkan tanda-tanda atau ciri-ciri secara jelas kecuali jika melalui pemeriksaan dokter.Namun pemeriksaan awal kehamilan bisa dilakukan sendiri seperti dengan tes kehamilan melalui urine dan ini bisa dilakukan sendiri dengan membeli alat tes kehamilan yang bisa dibeli di apotik, namun cara ini seringkali tidak akurat dan tidak menunjukkan adanya janin dalam perut.
Sedangkan ciri fisik bagi wanita hamil bisa dilihat dari beberapa tanda dan gejala bahwa seorang wanita itu sedang hamil diantaranya :

1. Terlambat Datang Bulan ( Menstruasi/Haid)

Tanda – tanda seperti ini termasuk ciri atau gejala secara umum bagi wanita yang sedang hamil, tapi lagi-lagi bahwa mengeluarkan darah seperti masih haid (walaupun hanya sedikit) tidak berarti bahwa wanita itu tidak sedang hamil, banyak wanita masih mengeluarkan darah sedikit tapi sudah hamil 1 bulan.
Cara ini bisa anda lihat dari  siklus menstruasi anda, jika biasanya teratur dan kali ini tidak haid  tepat waktu, tidak ada salahnya untuk melakukan tes kehamilan. Namun jika siklus menstruasi anda biasa teratur, gejala mual, sering pening dan payudara yang agak kaku dapat menjadi alasan  untuk melakukan tes.

2. Payudara Membengkak (lembut)

Ini termasuk juga ciri dan gejala umum yang biasa dialami wanita yang sedang hamil,payaudara terasa agak nyeri dan  kesemutan. Membengkaknya pertanda bahwa payudara akan mengisi dan mempersiapkan diri untuk menghasilkan susu. Payudara pun bisa menjadi sangat lembut dan sensitif selama beberapa bulan. Namun perlu dicatat, menurut ahli laktasi, Teresa Pitman, tidak semua wanita mengalami perubahan ini, terutama pengguna KB

3. Areola lebih gelap

Perubahan pada aerola ( Lingkaran hitam pada sekitar puting susu/payudara). Ini disebabkan karena adanya perubahan hormone sehingga Areola akan menjadi lebih lebar dan berwarna lebih gelap pada wanita hamil. Ini adalah tanda kalau payudara tengah mempersiapkan diri untuk menyusui.

3. Spotting/Bercak

Biasanya 5-10 hari setelah pembuahan, pada beberapa wanita akan timbul bercak darah seperti ketika haid. Bercak darah ini bukan berarti sesuatu yang buruk, karena hal itu bisa saja efek akibat menempelnya embrio di dinding rahim. Nah ini seringkali membuat wanita rancu dalam membedakan apa dirinya sedang hamil atau tidak,

4. Gampang Merasa Lelah

Bisanya orang yang sedang hamil meskipun hanya hitungan hari akan merasa sering lelah. Terkadang ingin selalu bermalas-malasan, hal ini bisa jadi pertanda bahwa dalam perut anda sedang ada makhluk lain.

5. Buang Air Kecil Semakin Sering & Konstipasi

Hal ini disebabkan karena adanya  janin yang tumbuh di rahim sehingga akanmenekan kandung kemih dan membuat frekuensi buang air kecil akan bertambah. Kandung kemih juga lebih cepat dipenuhi urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Bukan hanya buang air kecil, wanita hamil ada juga yang mengalami konstipasi atau sembelit. Sembelit terjadi akibat peningkatan hormon progesterone. Hormon tersebut selain mengendurkan otot-otot rahim, juga berdampak pada mengendurnya otot dinding usus sehingga menyebabkan sembelit atau susah buang air besar.

6. Sering Mual

Mual adalah gejala kehamilan yang paling umum. Rasa mual itu terjadi karena peningkatan hormon HCG (Human Chorionic Gonadotrophin). Peningkatan hormon HCG ini menyebabkan efek pedih pada lapisan perut sehingga menimbulkan rasa mual. Biasanya rasa mual ini akan pergi seiring Anda memasuki trimester kedua kehamilan.

7. Sensitif Pada Bau-bauan

Anda akan mual pada bau-bauan tertentu, gejalan sensitif pada bau ini juga salah satu tanda umum dalam kehamilan. Sejumlah peneliti menduga, gejala ini terjadi agar wanita hamil tidak mudah makan sembarangan sehingga melindungi bayi dari racun yang berbahaya.

8. Suka Sakit Kepala

Wanita yang sedang  hamil seringkali merasakan pusing dan sakit pada kepala, seperti rasa mual yang sudah disebutkan diatas. Dua hal tersebut terjadi, bisa karena beberapa hal seperti kelelahan, mual, lapar dan rendahanya tekanan darah. Namun tidak semua wanita hamil merasakan keluhan tersebut. Malah ada yang merasa sakit kepala dan pusing jauh berkurang selama hamil.
Ciri-ciri kehamilan seperti yang disebutkan diatas bisa saja tidak terjadi pada anda karena setiap wanita memiliki karakteristik berbeda hanya saja dari tanda-tanda, gejala dan ciri tersebut umumnya terjadi pada setiap wanita yang sedang hamil atau sedang mengandung.
Karena itu untuk memastikan sebaiknya anda konsultasi pada ahli kandungan jika anda merasakan adanya tanda-tanda kehamilan pada diri anda.

FREE WORLDWIDE SHIPPING

BUY ONLINE - PICK UP AT STORE

ONLINE BOOKING SERVICE